nampak indah bila bukan milik kita :)

Sekalipun memiliki bumi dan isinya orang yang tidak pandai bersyukur akan tetap merasa kurang, malah kadang pencapain yang dimilikinya saat ini, membuat mereka berfikir bisa mendapatkan yang lebih baik lagi. Tidak ada salahnya jika kita ingin mendapatkan yang lebih baik lagi, namun ada beberapa hal yang tidak semuanya bisa dikondisikan dengan hal yang serupa. Misal ketika kita menjadi karyawan  ingin menjadi bos, tidak ada salahnya bukan? asalkan cara yang ditempuh tidak melanggar norma, aturan agama serta merungikan orang lain. Misalkan ingin lebih baik lagi dalam hal masalah agama, sekarang sedekah tiap bulan hanya 500 ribu, bulan depan ditingkatkan lagi menjadi 2x lipatnya ataupun kalau sekarang hanya mengerjakan yang wajib saja, ingin lebih meningkatkan dengan menjalankan yang sunnah juga. Kalau ingin lebih yang seperti ini why not?
Tapi, manusia dalam pencapaian dunia tidak akan ada habisnya, tentu akan ada yang lebih baik lagi dari kita, misal rupa, harta, tahta, dll.
Jangan biarkan rumput tetangga terlihat lebih hijau dibanding rumput didepan mata. Karena tentu akan membuatmu tersika lahir batin, tidak bahagia melihat orang lain bahagia, tidak suka bila melihat orang lain menggunguli kita.

*
Awalnya semua orang memang bangga dengan pilihanya, namun tidak semua orang akan bertahan dengan pilihanya. Memang sudah begitu naluriyahnya, jadi jangan terlalu merasa bangga bila menjadi pilihan, kadang dia memilih hanya untuk sementara sedangkan akan ada yang lebih menarik lagi didepan nanti.
Karena memang segala sesuatu itu terlihat menarik bila belum kita miliki, sudah memang begitu dari dulu.
Tidak usah bangga dengan pujian, memang barang baru itu selalu dielu-elukan bukan? seperti di jaga agar nampak tetap baru, nampak indah namun ada masanya barang itu lama-lama kita abaikan karena ada yang lebih baru lagi, kecuali orang yang tidak mampu membeli barang baru. Bukan berarti dia tidak terfikir dengan yang baru, namun dia sedang berfikir bagimana agar bisa mendapatkanya.
Banyak cara untuk mendapatkanya, misal dengan cara kredit, nabung dll.
Oh..
Malang sekali bukan? iyaa malang, kau terlihat lemah dan terkalahkan bila tidak memiliki kemampuan lebih, namun jangan risau. Pilihlah orang yang tepat, biarkanlah kau yang biasa nampak istimewa yang punya nilai lebih. Kau bukan barang yang mudah didapatkan.
Itu mengapa kau harus selalu memposisikan dirimu sendiri dalam hal apapun, agar kau tidak terlalu banyak kecewa karena pernah  dipilih.
Kadang yang nampak meyakinkan adalah yang banyak dengan kepalsuan, tidak mungkin segala sesuatu yang memiliki nilai lebih diumbar-umbarkan bukan? Karena yang murahan tetap akan terlihat murah. Dan yang bernilai tidak perlu diyakinkan lagi.
Mudah sekali untuk tidak mudah percaya, kau perlu ilmu dan posisikan dirimu dalam hal apapun, bila dia bergegas meninggalkan bisa jadi dia tidak layak memilkimu, memilikimu yang sesungguhnya bernilai, biarlah yang mudah berpindah dan mudah tergiur dengan permainan nafsunya akan hancur pada masanya, akan menyesal pada waktunya. Kita tidak perlu membuktikanya, karena dalam hal apapun seseorang memang harus tau dan benar-benar mengerti bahwa berprinspip itu teruntuk jiwa yang memiliki nilai lebih. Yang begitu tidak akan bernilai, dan yang tidak bernilai tidak sepantasnya bersama dengan yang bernilai pula.
J


Komentar

Postingan Populer