21 Februari 2017 Seorang Wanita Pejuang



Pindah..
Pindah dari sebuah rasa nyaman sering kali menimbulkan keraguan, ragu bisa mendapatkan yang lebih nyaman atau tidak? Selama keraguan itu hinggap, boleh percaya atau tidak kita akan tetap tinggal ditempat. Keraguan adalah sahabat dari kemunduran mental yang sering kali membuat kita takut melangkah.
Takut dengan hal-hal yang umumnya imajinasi yang kita buat sendiri, padahal kata pepatah "Banyak jalan menuju roma" pepatah ini sering aku agung-agungkan manakala aku harus membuat keputusan yang akan kuambil, keputusan yang kadang membuat keraguanku kian memuncak, keputusan yang harus mengorbankan banyak hal, namun aku selalu percaya, hakikat keputusan yang kita ambil, pasti memiliki konsekuensi tersendiri didalamnya. Tidak ada keputusan yang tidak berkonsekuensi.

Musim hujan dibulan Februari 2017
Kini, hujan mulai senang berturunan, aku tidak benci hujan. Cuma, aku sedikit malas dijalan berlama-lama untuk menikmati kemacetan, klakson yang berbunyi nyaring, genangan air hingga lubang jalanan yang tertutup air yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.
"nak.. mungkin ini perjuangan ibumu waktu muda, harus berjuang seorang diri menempuh perjalanan hidup ini." Kadang aku suka sekali berimajinasi dijalanan, membayangkan ketika nanti aku duduk berdua didalam mobil bersama anaku, lalu hujan turun dan aku ceritakan pengalamanku padanya.
 Manakala sudah lelah namun tidak dihargai, manakala kita punya ide namun disepelekan, manakala kita punya keahlian namun sering kali disalah gunakan, manakala kita baik malah dipermainkan, manakala kejujuran itu sudah sangat mahal, manakala orang yang jahat lebih ditakuti, manakala yang baik malah tertindas, manakala yang berkuasa selalu benar, manakala hak-hak manusia tidak dikedepankan kecuali ada 'Uang', padahal uang manusia yang menciptakan. Hal-hal yang harusnya dikedepankan malah dikesampingkan.


Selalu ingin lebih
Itulah ungkapan yang secara gamblang padaku, aku tidak pernah puas pada pencapaianku, aku selalu ingin lebih baik lagi dalam hal apapun, aku manusia yang penuh dengan ambisius tinggi.
Punya watak egois, aku tidak mudah percaya pada apapun sebelum aku pernah merasakanya, aku tidak mudah menaruh rasa pada laki-laki, aku tidak mudah untuk mengakui kebenaran dan ungkapan orang tanpa bukti, aku hanya sebatas mengharagai jika aku iyakan, namun dibelakang akan aku cari tau, pengalaman mengajariku banyak hal, membawaku pada titik saat ini, titik diamana bila aku melihat jauh kebelakang aku selalu berkata "tidak ada yang sia-sia, apa yang kita usahakan."
Kepercayaan yang menguatkan, do'a yang mengantarkan, dan hasil yang membuktikan.
Dulu, aku gemar sekali membanding-bandingkan, hingga luka dihati tumbuh, hingga pipi selalu basah dengan air mata, hingga ungkapan "mengapa terjadi padaku" selalu keluar.
Namun kini aku faham, apa yang terjadi, pengalaman yang aku dapatkan, perjalanan yang aku lalui, adalah yang terbaik yang datangnya dari MAHA BAIK, Illahi Rabbi..

**
Cantik tidak berorientasi
Aku masih ingat kata-kata temanku yang sedang menempuh pendidikan di salah satu PTN dijakarta selatan, dia adalah orang yang kritis, aku suka dengan kepribadianya yang tidak pernah aku dapati pada wanita lain pada umumnya. Dia memiliki kepribadian yang kokoh, daya tangkap yang luar biasa, ambisi yang tinggi, serta tidak mudah mengeluh serta putus asa, dia wanita sederhana namun bila dia bicara mencerminkan wanita intelektual, nggak alay dan penuh drama seperti wanita lainya.
Bila aku Tanya pengalaman apa yang membuat dia sampai seperti ini adalah "Broken Home" adalah alasan dia sampai pada titik ini, untuk orang yang tidak pandai menangkap sebuah sinyal, mungkin ini adalah kesialan yang tidak mereka inginkan, takdir yang tidak pernah mereka harapkan, jalan yang mereka tidak ingin rasakan.
Namun, kegagalan bukan alasan untuk kita menuai kegagalan selanjutnya, kegagalan adalah pengalaman untuk pencapaian  yang luar biasa.
Kita tidak boleh jatuh dilubang yang sama, kita harus belajar pada pengalaman diri sendiri dan pengalaman orang lain untuk pengantar kesuksesan kita.
Tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang tidak bisa. Semua bisa, asal mau berusaha, semua mungkin bagi mereka yang mau berubah.

Maksud dari cantik tidak berorientasi adalah perempuan yang hanya focus dalam hal kecantikan saja, namun akalnya dangkal, pembicaraanya hanya tentang gossip, mencari keburukan orang lain dan hal-hal lain yang tidak bermanfaat.
Dia tidak berfikir jauh tentang masa depan yang tidak bisa mengandalkan cantik fisik semata. Wanita cantik memang indah dipandang bagi mata, namun bila diajak ngomong tidak nyambung apa gunanya? Kata salah satu professor di Salah satu PTN Jakarta selatan.

Jangan khawatir masalah jodoh, pendidikan tinggi membuat wanita tidak mudah ketergantungan banyak pada laki-laki. Dan pendidikan tinggi akan merubah pola fikir seorang perempuan dalam menentukan pasangan hidup, biasanya dia akan berfikir panjang untuk menentukan pasangan hidup mereka, bagaimanakah sikap, pendidikan, pergaulan, agama, keluarga, semua akan dia pertimbangkan.
Semua orang pasti akan menikah, namun tidak semua orang mendapat kesempatan untuk menuntut ilmu dan berpendidikan tinggi.






Komentar

Postingan Populer