Berfikir sebelum bertindak




ilustrasi
“Tan, tante deket banget sama bu aisyah. Sampe-sampe nggak tau waktu, pagi, siang, malam dirumah bu aisyah terus.”
“Bu aisyah tuh baik, nggak kayak tetangga sebelah kita.. hmm.. dia kalau ngomong suka nyablak nyakitiin ati.”
“o.. gitu,  bukanya dulu juga tante deket sama bu mira?”
“iyaa dulu begitu, tapi setelah tante tau sikapnya begitu, tante males deket sama dia, yang ada tante makan hati mulu.”
“o… iyaa, iyaa”

**
2bulan kemudian..
“tumben tante nggak main?”
“tante lagi males main, yang ada ghibah ngomongin orang mulu.”
“hmm…. Kemaren-kemaren juga tante begitu, ngomongin orang mulu.” Hening
Ni, kamu tau nggak? Masa bu aisyah ngomongin aib tante ke orang lain, terus dia bilang ke orang-orang katanya tante itu jorok, nggak becus urus anak, kalau main kerumahnya juga nggak tau waktu. Padahal kan tante nggak pernah begitu, tante juga jaga aib dia yang ia ceritakan ke tante. Manusia begitu amat.. katanya tau agama, rajin ngaji sama tetangga begitu.. tante nyesel tau deket sama dia.

Kesimpulan
 Sedekat apapun kita sama orang, , kita harus tau batasan, jangan seenak kita. Bahkan kita tidak tau sampai kapan hubungan akan terjalin dengan baik, dan berhati-hatilah  dalam menceritakan sesuatu hal yang kita anggap penting atau aib. (boleh dekat, namun tetap jaga jarak)
Kalau ada orang yang bilang seperti itu, jangan lantas menyalahkan orang. Tapi introfeksilah, jika memang yang dikatakan mereka kebenaran, maka perbaikilah, jika yang diaktakan adalah kebohongan bersabarlah, karena dia adalah orang yang sangat baik terhadap kita, dia memberikan sebagian pahalanya untuk kita bahkan menanggung dosa kita. Simple kan? hidup itu tidak serumit yang kita bayangkan  jika kita memiliki cara pandang yang luas. J
***
Ni, uda galak banget deh, suka marah-marah nggak jelas, dia orang macam apaan sih, orang gitu amat.
Dikit-dikit marah, dikit-dikit marah, nggak bisa apa ngomong baik-baik, aku juga bakal ngerti kok, nggak harus marah-marah, kan malu dimarahin didepan orang banyak.
“ loh emang kenapa?” timpalku
“iyaa tadi kan aku masuk kelorong pake sandal.”
“yaa iyalah dimarahin, kan tau peraturanya kalau dilorong nggak boleh pake sandal.”
“terus kaka kemaren pulang lewat dari jam sepuluh kan? Kaka ngotot minta masuk, padahal gerbang sudah ditutup?
“iyaa..”
“Jadi kalau uda marah, wajar nggak?”
“iyaa..”
Sekarang yang salah siapa?”
“aku..”

Pelajaran
Didalam setiap kejadian pastilah ada hukum sebab dan akibat, jangan lantang menyalahkan orang lain, coba mulai sekarang kita ubah, “apa yang salah sama aku yaa? Kok uda bisa marah?. Ah, mungkin dia capek atau memang aku melanggar peraturan, o.. mungkin aku gatau cara bersikap sama orang yang lebih tua. Kedepanya aku lebih ahrus berhati-hati, atau kedepanya yang salah harus aku perbaiki.

***
Ni, kamu tau nggak sih? Si Dian? Dia tuh pelit banget masa aku minjem cas-san hp aja nggak boleh.
“hah, emang?”
Iyaa, katanya rusaklah lagi dipakelah, mau pergilah bilang aja nggak boleh, gue do’ain tuh ntar kalau mati kuburanya sempit.
Padahal yang aku tau dia dulu pernah minjem casan dian, dan nggak dibalikin, pas dibalikin malah udah rusak. Jadi menurutku wajarlah dian nggak mau kasih pinjem lagi,


NB
mulai sekarang peka yaaa.. jangan gampang nyalahin orang, coba lihat kita udah baik apa belum, mana tau masalahnya ada diri kita, bukan pada orang lain.
Biasanya kita lebih cenderung agresif sama kesalahan orang daripada kesalahan sendiri

**
Sepulang sekolah adeku nangis, ngadu ke ibu katanya sih habis dicubit sama temenya.
“kemu kenapa nangis dit?” Tanya ibu
“mah, si ANdi nakal masa aku dicubit.”
“emang kenapa kok tiba-tiba nyubit?”
“nggak tau, aku lagi diem tiba-tiba dia mukul aku habis itu nyubit.”
“Nggak mungkin, pasti kamu berulah duluan kan? Yakali dia tiba-tiba dia nyerang tanpa alasan.” Sahutku dari kamar
“ih, mba mah.. nggak belain aku, malahan belain dia.”
Ya iyalah, pasti ada sebab dan akibat dong, kamu nggak boleh begitu yaa dit, jangan suka ngadu-ngadu. Nggak boleh cenggeng, kamu harus bertanggung jawab sama yang kamu perbuat.
“kan aku Cuma ngatain dia gendut, masa dia mukul sama nyubit aku. Kan nggak adil, orang memang kenyataanya dia gendut.”
“tapi nggak boleh begitulah, kalau kamu dicubt aja sakit, dia kamu katain gendut juga sakit. Sakit hati.”

NB
Perlakukan orang lain selayaknya kita ingin diperlakukan

**
Si bibi suka males-malesan deh kalau dimintain tolong, percuma aja digaji kalau disuruh-suruh nggak mau. Gerutu Bu Minah
Mana kerja nggak becus, ngepel masih kotor, kerjaanya tidur-tiduran sama telfonan mulu, nyuci nggak bersih, sama anak kecil nggak sabar, minta gaji gede pula. Kurang baik apa coba aku sama bibi, padahal nih aku nggak pernah itung-itungan soal uang sama makanan sama dia.

##
Pelajaran yang kita bisa ambil dari ilustrasi diatas, kita harusnya sebagai atasan tau betul, bibi juga manusia, ingat sebesar apapun kita mengaji dia, dia juga manusia bukan robot yang bisa seenaknya kita suruh, dia juga butuh istirahat, dan yang harus kita pertimbangkan, kenapa kita gaji dia? Karena kita nggak bisa mengerjakan semuanya sendirian, Lalu kenapa sekarang semua tugas rumah itu kita serahkan pada bibi. Alasanya Cuma satu, karena kita menggaji dia.
Padahal didalam pundak kita terpikul amanah perlakukan manusia selayaknya kita ingin diperlakukan/ perlakukan manusia selayaknya manusia sekalipun ia budak. Menangkanlah dia.. Insha Allah,  Allah akan memenangkan kita nanti.

**
Suatu hari aku diberikan tugas rumah oleh dosen, karena aku nggak bisa, aku hubungi temanku yang sudah terlebih dulu selesai.
“Bro.. tugas bu Indah sudah selesai?”
“udah dong..”
“bagi dong, aku belum nih.”
“ok, aku kirim email.”
Keesokan harinya, kita diberikan tugas lagi, liciku ah.. nggak usah ngerjainlah  si dio pasti juga ntr mau bagi tugasnya, mending aku nonton.
“deadline, bro kirim tugas bu indah dong..”
“gw belum nih..”
“ah, bohong lu..please gw nggak bisa, mana hari ini lagi ngumpulinya.”
“yee.. kalau nggak bisa yaa usahalah, belajar sama yang bisa. Bukan malah diem dan nggak usaha, gimana mau bisa. Jangan suka ngandelin orang.”
Aku mulai berfikir keras..
Iyaa juga sih yaa..

Note
Jangan terlalu ketergantungan sama orang, meski itu orang terdekat kita. Selagi bisa sendiri kerjakanlah.. nanti kamu akan tau bagaimana sakitnya jika tidak dihargai.


***
“ni jangan temenin Si Maya yuk.”
Loh Kenapa emang?
“dia mah pelit, lu inget nggak pas kita uas kemaren, gw minta jawaban no 3, kata dia belum. Eh tau-tau udah dikumpulin. Kan nyebelin.”
“hahaha lucu lu, yaa iyalah dia nggak mau ngasih contekan, secara dia ngerjainya capek, lu kira mikir nggak capek? Dan lu minta hasil akhirnya doing ? Pas nggak dikasih lu marah? Lu aneh amat jadi orang. Belum lagi ntr kalau ketahuan dosen pas ngasih contekan, kalau ketayuan bukan Cuma yang dikasih contekan juga yang kena, yg nagsih juga kena? Lu mikir nggak sejauh itu? Dia yang selama 6 bulan belajar ngulang matakuliah lagi Cuma gara-gara lu. Mikir nggak?
Tapi kan kita temen, masa sama temen begitu, kerjasamalah..
“kerja sama itu bukan dalam urusan contek mencontek, tapi belajar.”
Jadi kamu tetep nggak mau temenin si maya?
“yaa iyalah enggak. Dia bukan teman yang baik.”
“kalau gitu selamat, aku juga nggak mau berteman sama orang yang keras hati kaya kamu.”

END

Komentar

Postingan Populer