ILMU




lmu merupakan kata yang berasal dari bahasa arab masdar yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam bahasa Inggris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata science, dan  pengetahuan dengan knowledge.
Kedudukan Ilmu Menurut Islam
Ilmu menempati kedudukan yang sangat penting dalam ajaran islam , hal ini terlihat dari banyaknya ayat al-Qur’an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulia disamping hadist-hadist nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu.
Didalam Al qur’an, kata ilmu di gunakan lebih dari 780 kali, ini bermakna bahwa ajaran Islam tercermin dari al-Qur’an yang sangat kental dan  berkaitan dengan ilmu, sehingga dapat menjadi ciri penting dari agama Islam sebagaimana dikemukakan oleh Dr Mahadi Ghulsyani sebagai berikut :
Salah satu ciri yang membedakan Islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhadap masalah ilmu (sains), Al quran dan Al –sunah mengajak kaum muslim untuk mencari dan mendapatkan Ilmu dan kearifan, serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat tinggi
Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap manusia, bahkan dengan ilmulah kita bisa selamat Dunia dan akhirat, kita tidak akan mendapatkan ilmu, melainkan dengan enam perkara
·         Kecerdasan,
·         bersungguh-sungguh,
·         merasa butuh,
·         mengasingkan diri,
·         bimbingan Guru
·         dan waktu yang lama
awal penciptaanya manusia, manusia diciptakan tak lain hanya untuk beribadah dan menyebah kepada Allah. Kita harus memahami konsep hidup yang sebenar-benarnya jangan sampai kita gagal paham apa artinya hidup yang sesungguhnya. Awal penciptaan kita, tujuan kita, dan untuk apa kita hidup harus kita ketahui agar kita tau  apa itu hidup dan tujuannya apa? kita ini dari allah, hidup untuk Allah lalu kembali juga Kepada Allah.
Marilah kita berpandai-pandai memeneg waktu kita dengan sebaik mungkin, meyepadankan dunia dengan akhirat dengan baik.
Seperti kita yang tau, tujuan akhir kita adalah Akhirat, jangan kita terlena dengan dunia yang sementara dan fana ini, ada ujian terbesar dalam diri kita yang harus kita ketahui yaitu Ketika kita merasa sangat semangat sekali mengejar ilmu dunia, dan bercita-cita tinggi dalam urusan dunia dan namun kita sangat malas belajar ilmu agama, dan sangat menyisakan waktu yang sedikit saja dalam urusan agama, inilah yang harus kita waspadai, inilah ujian terbesar kita. Ketika kita sudah merasa tidak ada masalah dalam hidup dan semua berjalan sesuai keingninan yang ada. inilah sebenarnya hakehat masalah, Takut-takut Allah mengunci Hati kita, membuatnya gelap lalu lupa dengan diri kita dan Lupa dengan Allah pula Nauzubillah.
Semoga kita dijauhkan dari gelapnya mata hati karena kecintaan yang amat terhadap dunia.
Yang kita cari dari pagi sampai sore, sanak keluarga, rumah, mobil mewah, harta benda kekuasaan, tidak akan mengikut ketika ajal menjemput, semua tetap tinggal disini. Di dunia keculai 3 perkara, ilmu yang bermanfaat amal jariyah dan do’a anak sholeh kpd orang tuanya. Lagi-lgai untuk mendapatkan penyelamat kita pun kita butuh ilmu, untuk itu janganlah biarkan waktu yang kita lalui tanpa manfaat, Ingat tujuan utama kita di dunia.
#Dunia ini sementara dan akhirat selamanya, dan tempat terbaik bagi manusia adalah Jannah-Nya.

Komentar

Postingan Populer